Kumpulan informasi seputar gadget dunia seperti smartphone, laptop dan teknologi terbaru di dunia. Temukan juga tips dan trik jitu yang berguna

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable - Smartphone sekarang lebih banyak menggunakan baterai non-removable daripada menggunakan baterai removable. Alasan paling sederhana menggunakan baterai non-removable untuk menciptakan smartphone tipis. Dengan baterai jenis ini perangkat yang dihasilkan akan terlihat lebih style dan elegan.

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable

Jika kalian yang masih awam soal baterai tentu bertanya-tanya, apakah itu baterai removable dan non-removable dan apakah perbedaan kedua tipe baterai tersebut?

Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable 

Baterai removable merupakan baterai yang umum dipakai untuk perangkat ponsel di tahun sebelum 2014. Tipe baterai ini biasanya dapat dilepas dan umumnya perangkat yang menggunakan baterai ini memiliki desain yang tebal. Kemajuan teknologi memunculkan baterai bertipe non-removable atau tanam, sepeti namanya baterai ini tertanam dalam perangkat. Baterai non-removable tetap bisa dilepas, namun dibutuhkan skill untuk melepasnya. Baca keuntungan dan kerugian menggunakan baterai non-removable.

Baterai removable biasanya menggunakan bahan dasar Lithium Ion atau sering disebut Li-ion. Sedangkan baterai non-removable berbahan dasar Lithium Polymer atau biasa disebut Li-Po. Model ini diterapkan karena untuk meningkatkan kapasitas baterai yang lebih tinggi, dengan form factor lebih kecil atau lebih tipis.

Dibanding Li-ion, Li-Po bisa dibilang memiliki daya tahan battery cycle yang lebih panjang. Biasanya baterai Li-ion yang dapat dilepas dengan mudah ini dapat bertahan hingga 1 tahun pemakaian sebelum dirasakannya kemampuan baterai yang menurun. Nah, untuk baterai non-removable mampu bertahan dua kali lipat lebih lama, sebelum kemampuan baterai menurun.

Untuk mengisi ulang atau menge-charge baterai non-removable jenis Li-Po ini juga lebih mudah dan bebas. Seperti misalnya ketika baterai masih tersisa 60% maka kita dapat langsung menge-charge baterai tersebut agar kembali penuh 100% tanpa harus khawatir baterai akan menjadi cepat rusak. Baca cara merawat baterai non-removable terbukti ampuh.

Berbeda dengan baterai removable atau baterai yang umumnya berjenis Li-Ion, untuk melakukan pengisian ulang pada baterai jenis ini sebaiknya dilakukan jika baterai sudah hampir habis dan diisi hingga penuh. Begitu seterusnya agar masa pakai atau kemampuan baterai removable dapat bertahan lama atau tidak cepat rusak.

Itulah sedikit perbedaan baterai tipe removable dan non-removable. Jadi anda memilih yang manakah?

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Perbedaan Baterai Removable dan Non-Removable

0 komentar:

Post a Comment