Kumpulan informasi seputar gadget dunia seperti smartphone, laptop dan teknologi terbaru di dunia. Temukan juga tips dan trik jitu yang berguna

Macam-Macam Sensor Beserta Fungsinya di Smartphone

Macam-Macam Sensor Beserta Fungsinya di Smartphone - Canggihnya smartphone masa kini memunculkan banyak teknologi baru salah satunya adalah sensor. Sensor pada smartphone memiliki bermacam-macam fungsi. Berikut macam-macam sensor smartphone beserta fungsinya.

Macam-Macam Sensor Beserta Fungsinya di Smartphone

Macam-Macam Sensor di Smartphone dan Fungsinya

1. Akselerometer
Akselerometer merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi orientasi perangkat. Penerapannya ketika anda mengubah modus layar dari tegak ke mendatar atau ketika pengguna sedang memainkan game balap yang dikemudikan dengan cara memiringkan perangkat smartphone.

2. Giroskop
Hampir mirip dengan sensor akselerometer bedanya sensor ini dipengaruhi tidak dipengaruhi gravitasi. Sensor giroskop juga menambahkan dimensi tambahan untuk informasi yang diberikan oleh akselorometer dengan melacak rotasi atau perputaran perangkat.

3. Magnetometer
Seperti namanya fungsi dari sensor ini adalah untuk medeteksi medan magnet. Biasa digunakan untuk aplikasi kompas di smartphone untuk mengarah pada kutub utara bumi. Aplikasi yang dibuat menggunakan logam juga menggunakan sensor ini.

4. Proximity
Merupakan sensor yang terdiri dari LED inframerah dan detektor cahaya inframerah. Cara kerjanya adalah dengan memancarkan secercah cahaya inframerah yang tidak terlihat oleh manusia, yang dipantulkan dari objek terdekat dan dijemput oleh detektor inframerah.  

Sensor ini biasanya ditempatkan di dekat lubang suara sebuah smartphone, dan ini bukanlah tanpa alasan. Misalnya, ketika Anda menempatkan smartphone ke telinga Anda, sensor memungkinkan sistem untuk mengetahui bahwa Anda sangat mungkin sedang menelepon, sehingga layar harus dimatikan.

Baca juga Fitur-Fitur dan Kelebihan Teknologi 5G

5. Sensor cahaya
Sensor ini berfungsi untuk mengatur kecerahan layar berdasarkan lingkungan disekitarnya. Ketika perangkat berada di intensitas cahanya yang terang makan kecerahan layar ditambah, begitupun sebaliknya jika cahaya di sekitar redup maka kecerahan layar akan dikurangi.

6. Barometer
Sensor ini biasanya ditemukan pada smartphone kelas high-end. Fungsinya untuk mengukur tekanan atmosfer. Data yang diukur oleh barometer digunakan untuk menentukan seberapa tinggi perangkat ada di atas permukaan laut, yang pada gilirannya menghasilkan peningkatan akurasi GPS. Motorola XOOM dan Samsung Galaxy Nexus merupakan smartphone Android pertama yang memiliki sensor ini.

7. Termometer
Sensor Termometer digunakan untuk mengukur suhu perangkat dan beterai. Jika komponen terdeteksi akan terlalu panas (overheat), sistem akan mati dengan sendirinya untuk mencegah terjadinya kerusakan. Smartphone pertama yang menggunakan sensor ini adalah Samsung Galaxy S4.

8. Sensor kelembapan udara
Sensor ini digunakan dalam aplikasi S Health untuk memberitahukan apakah pengguna berada di suhu udara dan kelembapan udara yang optimal atau tidak. Samsung Galaxy S4 merupakan yang pertama yang menggunakan sensor ini.

9. Pedometer
Pedometer merupakan sensor yang digunakan untuk menghitung jumlah langkah pengguna. Data tersebut memang biasanya juga dapat diperoleh oleh akselerometer, tetapi sebuah pedometer khusus jauh lebih akurat dan hemat daya. Google Nexus 5 adalah di antara beberapa smartphone yang memiliki pedometer.

10. Sensor denyut jantung
Seperti namanya sensor ini digunakan untuk mengukur denyut jatung nadi seseorang, dengan cara mendeteksi denyutan per menit dari pembuluh darah di dalam jari seseorang. Galaxy S5 yang pertama kali menggunakan sensor ini.

11. Sensor sidik jari 
Sensor sidik jari biasa digunakan sebagai keamanan tambahan seperti kata sandi untuk membuka atau mengunci layar.  Banyak smartphone yang telah mendukung sensor ini seperti iPhone 5s, Samsung Galaxy S5, HTC One Max, dan Sony Xperia Z5.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Macam-Macam Sensor Beserta Fungsinya di Smartphone

0 komentar:

Post a Comment