Kumpulan informasi seputar gadget dunia seperti smartphone, laptop dan teknologi terbaru di dunia. Temukan juga tips dan trik jitu yang berguna

Mengenal Android Lebih Dekat

Mengenal Android Lebih Dekat

Android merupakan sistem operasi ponsel yang berbasis linux. Android sangat populer di dunia dikarenakan sistem tersebut bersifat open source dan tidak hanya itu saja, Android selalu melakukan perubah-perubahan baik dari waktu ke waktu. Android memiliki beratus-ratus bahkan ribuan aplikasi yang tersedia di App Google Store. Aplikasi tersebut  ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, walaupun gratis tetapi aplikasi tersebut tidak kalah dengan yang berbayar.

Android menciptakan ponsel pertamanya yaitu Android HTC Dream dengan sistem operasi Android versi 1.0. Hingga saat ini terhitung Android sudah mengeluarkan 11 versi. Apa saja itu?
belajar android
Image by Google
Saya akan membahas satu persatu versi Android dari versi pertama hingga versi saat ini. Ok langsung saja ke pokok pembahasan.

1. ANDROID versi 1.0 mempunyai nama sebutan ASTRO

Sistem operasi pertama Android adalah Android versi 1.0 (ASTRO). HTC Dream adalah ponsel pertama yang memakai sistem operasi Android yang dikeluarkan pada tanggal 22 Oktober 2008. Fitur-fitur yang tersedia di Android 1.0 tidak banyak seperti yang sekarang adapun fitur-fiturnya seperti kamera, bluetooth, wifi, browser, direktori, notifikasi, voice, YouTube, dialing, IM, gallery, media player, dan tentunya Android market.

2. ANDROID versi 1.1 mempunyai nama sebutan BENDER

Sistem operasi Android versi 1.1 ini dirilis tanggal 09 Maret 2009. Belum terdapat banyak pembaharuan dari versi sebelumnya namun di Android versi 1.1 ini mengadakan pembaharuan estetis pada aplikasi, pencarian suara, jam alarm, pengiriman pesan dengan Gmail dan adanya pemberitahuan jika terdapat email masuk.

3. ANDROID versi 1.5 mempunyai nama sebutan CUPCAKE

Tidak lama setelah Android versi 1.0 dirilis Google kembali merilis versi Android yang baru yaitu Android 1.5 tepatnya pertengahan bulan Mei 2009 .

Terdapat beberapa pembaharuan terhadap fitur-fitur dari versi sebelumnya seperti kemampuan merekam den menonton video dengan modus kamera, Mengupload video ke YouTube dan gambar ke Picasa melalui ponsel, Dukungan terhadap Bluetooth A2DP, sudah support terhadap animasi layar  serta keyboard pada layar yang sudah dapat disesuaikan dengan sistem.

4. ANDROID versi 1.6 mempunyai nama sebutan DONUT

Kembali Google merilis Android versi baru  yaitu Android versi 1.6 pada bulan September 2009 dengan respon proses yang lebih baik dibandingkan dengn versi sebelumnya. Adapun penambahan fitur-fitur di versi ini seperti menghapus dan memilih foto lewat galeri, kamera, camcorder, kemampuan dial kontak, dan penciptaan resolusi baru yaitu VWGA.

5. ANDROID versi 2.0/2.1 mempunyai nama sebutan ECLAIR

Pada tanggal 03 September 2009 Google meluncurkan versi baru Android 2.0/2.1 dengan meningkatkan dan mengoptimalkan hardware dan Google Maps, perubahan UI dengan browser baru, mendukung HTML 5, kamera 3,2 MP, Bluetooth versi 2.1, dan digital zoom. Di Android versi ini ponsel Android semakin terkenal sehingga berdampak pada munculnya pihak ketiga yang berminat untuk menyalurkan aplikasinya di sistem Android. Di versi ini aplikasi MySpace dan Facebook mulai diperkenalkan dan dipasang di Android.

6. ANDROID versi 2.2 mempunyai nama sebutan FROYO: FROZEN YOGHURT

Tidak henti-hentiya Google merilis versi baru Android dengan versi Android 2.2 pada tanggal 20 Mei 2010, terdapat pembaharuan fitur-fitur diantaranya sudah mendukung Adobe Flash 10.1, Peningkatan kecepatan kerja dan aplikasi 2 hingga 5 kali dari versi sebelumnya, mampu memasang aplikasi di SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portable dan auto update aplikasi melalui Android Market. Di versi ini semakin banyak orang menggunakan Android terutama saya sendiri, yang untuk pertama kalinya memakai Android dengan versi 2.2.

7. ANDROID versi 2.3 mempunyai nama sebutan GINGERBREAD

Android versi 2.3 adalah sistem operasi ini dirilis pada tanggal 06 Desember 2010, di versi ini mengalami penambahan dan peningkatan diantaranya peningkatan kemampuan untuk gaming, peningkatan fungsi copy paste, interface lebih menarik, mampu memutar video dengan format VP8 dan WebM, efek audio baru seperti reverb, headphone virtualization, bass boost, dan equalization, dukungan kemampuan NFC (Near Field Communication) dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

8. ANDROID versi 3.0/3.1 mempunyai nama sebutan HONEYCOMB

Pada tanggal 22 Februari 2011 Google merilis Android   3.0/3.1. Berbeda dengan versi sebelumya Android versi ini khusus dirancang untuk tablet, tampilan interface pada versi ini juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukunga multi prosesor  dan akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Motorola Xoom adalah tablet pertama yang menggunakan sistem operasi honeycomb.

9. ANDROID versi 4.0 mempunyai nama sebutan ICS: ICE CREAM SANDWICH

Pada tanggal  19 Oktober 2011 Google kembali merilis versi Android baru yaitu Android versi 4.0 dengan membawa pembaharuan fitur-fitur seperti pengaman dengan membuka kunci melalui sensor pengenal wajah, perangkat  tambahan fotografi, mencari email secara offline, launcher yang bisa di kostumisasi, dan pemisah widget di tab baru.

10. ANDROID versi 4.1 mempunyai nama sebutan JELLY BEAN

Pada tanggal  27 Juni 2012 Android versi 4.1 ini dirilis yang diluncurkan pada acara Google I/O dengan membawa sejumlah keunggulan seperti peningkatan input keyboard, desain baru fitur pencarian, Tampilan UI yang lebih bagus, serta pencarian Voice Search yang lebih cepat.

11. ANDROID versi 4.4 mempunyai nama sebutan KITKAT

Android versi 4.4 adalah versi terbaru yang dikeluarkan oleh Google pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan membawa sejumlah keunggulan seperti pengoptimalan kinerja pada perangkat, dukungan Bluetooth Message Acces Profile, Penyeimbang audio, dan peningkatan kualitas audio.

Akhirnya selesai juga saya membahas tentang kesebelas versi Android walaupun tidak begitu rinci, mungkin ini dapat menambah wawasan ada tentang apa itu Android.

Sebagai penutup dari artikel ini mari kita menebak nama dari versi selanjutnya buatan Google. Ayo siapa tau? Hehehe...

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Mengenal Android Lebih Dekat

4 komentar:

  1. Ternyata unik dan menarik ya nama sebutan untuk setiap update terbaru os android. Dan sangat rajin update secara berkala juga, sehingga membuatnya semakin lengkap dan banyak penggemarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kelebihan android dari sistem operasi lain, android selalu melakukan perubahan dari waktu ke waktu dengan hasil yang positif, thanks telah berkunjung.

      Delete
  2. nyimak dulu mas, ternyata sampai sekarang lebih populer ya mas android, hehe belum punya jg sih

    ReplyDelete
  3. berarti versi A dan B masih belum pake nama makanan ya :D

    ReplyDelete